Gejala-gejala Gangguan Mental Anak


Acapkali kondisi gangguan mental pada anak sulit diketahui oleh orang tua. Sehingga anak yang seharusnya mendapatkan perawatan menjadi luput perhatian. Perkaya khazanah Anda seputar gejala gangguan mental pada anak melalui paparan berikut ini sebelum terlambat:

Apa saja gejala-gejala yang harus diwaspadai?

Perubahan mood
Anak memiliki perasaan sedih atau menarik diri yang berlangsung setidaknya 2 minggu atau perubahan mood ekstrim yang menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Perasaan atau ketakutan yang intens
Perhatikan jika anak memiliki ketakutan atau kekhawatiran berlebih yang tidak berdasar seringkali disertai dengan perasaan berdebar atau nafas menjadi cepat yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perubahan perilaku
Misalnya perubahan perilaku menjadi berbahaya dan tidak dapat dikontrol seperti sering bertengkar, menggunakan senjata atau berkeinginan untuk menyakiti orang lain.

Sulit berkonsentrasi
Sulit memfokuskan perhatian di sekolah sehingga menurunkan performa belajar.

Penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya
Penurunan nafsu makan, sering muntah atau menggunakan obat pencahar mengindikasikan anak memiliki gangguan makan.

Menyakiti diri sendiri
Memiliki perasaan ingin bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang
Anak seringkali menggunakan alkohol atau obat terlarang untuk mengatasi dan mengalihkan perasaan dan masalahnya.

Bagaimana mengatasi gangguan mental pada anak?
Jika anak Anda mengalami tanda dan gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan psikiater untuk mendapatkan penanganan:

Psikoterapi
Psikoterapi dapat membantu anak untuk mempelajari cara merespon suatu situasi yang menantan dengan cara yang sehat. Anak juga akan diajak untuk belajar mengenai kondisinya, perasaannya, mood, pikirannya dan perilakunya.

Medikasi
Obat-obatan seperti stimulan, antidepresan, antiansietas, antipsikotik atau mood stabilizer akan diberikan tergantung dari kondisi anak.


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar