CARA BERKOMUNIKASI ORANG TULI


Banyak orang yang tuli atau mengalami kesulitan pendengaran membaca gerakan bibir dan komunikasi manual untuk membantu mereka berkomunikasi. Membaca gerakan bibir atau membaca orang berbicara, termasuk memahami apa yang dikatakan dengan mencermati gerakan mulut, wajah, dan tubuh pembicara. Dalam komunikasi manual, orang berbicara terutama dengan tangan mereka.
Komunikasi manual biasanya termasuk mengeja menggunakan jari dan bahasa isyarat. Dalam mengeja dengan jari, isyarat tangan berbeda mewakili setiap huruf abjad. Dalam bahasa isyarat, isyarat tangan mewakili benda dan pengertian. Bahasa isyarat digunakan di seluruh dunia dalam variasi yang amat kaya seperti bahasa lisan. Orang tuli menggunakan komunikasi manual untuk bercakap-cakap dengan orang yang memahami cara mengeja jari dan bahasa isyarat.

CATATAN FAKTA
Walaupun ketulian mempunyai tantangan khusus, kondisi tersebut tidak perlu merintangi keberhasilan dalam berbagai macam pekerjaan. Komponis Jerman Ludwig Van Beethoven menulis beberapa musiknya yang paling indah setelah dia menjadi tuli.



Artikel Terkait:

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Jalan jalan sob.........
    Pengen tahu rasanya jadi orang tuli...

    salam kenal ya

    BalasHapus