ENERGI PANAS


Diagram Perubahan Wujud
Energi Panas Dapat Mengubah Wujud
Ada tiga tingkat wujud zat: padat, cair, gas. Energi panas dapat menyebabkan wujud zat berubah. Terkadang perubahan membutuhkan panas, terkadang melepaskan panas (diambil panasnya).
Perubahan wujud yang memerlukan panas antara lain mencair, menguap, dan menyublim. Mencair adalah perubahan wujud dari padat ke cair. mencair dapat pula disebut meleleh. Menguap adalah perubahan wujud dari cair ke gas. Sedangkan menyublim adalah perubahan wujud dari padat ke gas.
Perubahan wujud yang melepaskan panas antara lain membeku, mengembun, dan mengkristal. Membeku adalah perubahan wujud dari cair ke padat. Mengembun adalah perubahan wujud dari gas ke cair. Mengkristal adalah perubahan wujud dari gas ke padat

Perpindahan Panas
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan dari satu benda ke benda lain. Perpindahan terjadi karena adanya perbedaan derajat panas antara dua tempat atau du benda. Dari yang lebih panas ke yang lebih dingin. Ada tiga cara perpindahan panas : konduksi, konveksi dan radiasi.

Konduksi
Konduksi adalah perpindahan panas di mana ada partikel zat yang ikut berpindah. Panas merambat melalui partikel zat. Partikel zat yang dilalui hanya bergetar atau bergerak lebih cepat di tempatnya kerena dilalui panas. Panas dapat mempercepat getaran atau gerakan partikel zat. Konduksi juga disebut hantaran.
Laju atau kecepatan perpindahan panas cara konduksi tergantung pada jenis zat. Zat yang baik daya hantarnya disebut konduktor panas. Contohnya berbagai jenis logam. Sedangkan zat yang tidak dapat menghantarkan panas atau yang daya hantarnya buruk disebut isolator panas. Contohnya kayu, tanah, kain, zat cair, dan gas.

Konveksi
Konveksi adalah perpindahan panas oleh gerakan atau aliran fluida yang dipanaskan. Fluida adalah zat cair (misalnya air) atau gas (misalnya udara). Contohnya perpindahan panas yang terjadi ketika memanaskan air. Contoh lainnya adalah angin. Angin adalah udara yang bergerak atau mengalir, dari tempat yang dingin ke tempat yang lebih panas.

Radiasi
Radiasi atau pancaran adalah perpindahan panas tanpa menggunakan zat perantara atau medium. Perpindahan panas berlangsung melalui pancaran gelombang elektromagnetik. Contohnya panas dari matahari sampai ke bumi, panas api unggun sampai ke tubuh kita (disamping juga cara konveksi)


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar