KURIKULUM CATHERINE MAURICE

A.   KURIKULUM  CATHERINE  MAURICE
I.             PEDOMAN KURIKULUM AWAL
A.   Kemampuan Mengikuti Tugas
1.     Duduk mandiri di kursi
2.     Kontak mata saat dipanggil nama
3.     Kontak mata saat diberi perintah "lihat"
4.     Merespon terhadap perintah "tangan ke bawah" atau "tangan dilipat"
B.    Kemampuan Imitasi (Meniru)
1.     Imitasi gerakan motorik kasar
2.     Imitasi aksi dengan benda
3.     Imitasi gerakan motorik halus
4.     Imitasi gerakan motorik mulut
C.   Kemampuan Bahasa Pemahaman (Reseptif)
1.     Mengikuti perintah satu tahap
2.     Identifikasi anggota tubuh
3.     Identifikasi benda
4.     Identifikasi gambar
5.     Identifikasi orang yang dikenal (anggota keluarga)
6.     Mengikuti perintah kata kerja
7.     Identifikasi gambar kata kerja
8.     Identifikasi benda di lingkungan
9.     Menunjuk gambar di buku
10.  Identifikasi benda menurut fungsi
11.  Identifikasi kepemilikan
12.  Identifikasi suara di lingkungan
D.   Kemampuan Bahasa Pengungkapan (Ekspresif)
1.     Menunjuk sesuatu yang diinginkan, sebagai respon pertanyaan "Mau apa?"
2.     Spontan menunjuk benda yang diingini
3.     Imitasi suara dan kata
4.     Menyebut (melabel) benda
5.     Menyebut (melabel) gambar
6.     Mengatakan (secara verbal benda yang diinginkan)
7.     Menyatakan/memberi isyarat "ya" dan"tidak" untuk sesuatu yang diingini dan tidak diingini
8.     Menyebut (melabel) orang yang dikenal (anggota ketuarga)
9.     Menyebut pilihan
10.  Saling menyapa
11.  Menjawab pertanyaan social
12.  Menyebut (melabel) kata kerja yang tertampil dalam gambar, orang lain, dan diri sendiri
13.  Menyebut (melabel) benda sesuai fungsi
14.  Menyebut (melabel) kepemilikan
E.    Kemampuan Pre-Akademik
1.     Memasangkan
a.     Benda yang sama (identik)
b.     Gambar yang sama (identik)
c.      Benda ke gambar
d.     Gambar ke benda
e.     Warna, bentuk, huruf, angka
f.      Benda tidak sama (non-identik)
g.     Asosiasi antar benda
2.     Mandiri menyelesaikan tugas sederhana
3.     Identifikasi warna
4.     Identifikasi bentuk
5.     Identifikasi huruf
6.     Identifikasi angka
7.     Menghitung (hafal urutan) sampai 10
8.     Menghitung benda
F.    Kemampuan Bina Diri
1.     Minum dari gelas
2.     Makan menggunakan sendok dan garpu
3.     Melepas sepatu
4.     Melepas kaus kaki
5.     Melepas celana
6.     Melepas baju
7.     Menggunakan serbet/tisu
8.     Dapat buang air kecil sendiri ke toilet (tidak mengompol)

II.           PEDOMAN KURIKULUM MENENGAH
A.   Kemampuan Mengikuti Tugas
1.     Mempertahankan kontak mata selama 5 detik saat dipanggil nama
2.     Kontak mata saat dipanggil nama, ketika sedang bermain
3.     Kontak mata saat dipanggil nama, dart jarakiauh
4.     Bertanya "apa?" saat dipanggil nama
B.    Kemampuan Imitasi (Meniru)
1.     Imitasi gerakan motorik kasar sambil berdiri
2.     Imitasi rangkaian gerakan motorik kasar
3.     Imitasi rangkaian aksi dengan benda
4.     Imitasi aksi dipasangkan dengan suara
5.     Imitasi pola balok
6.     Menyalin/meniru gambar sederhana
C.   Kemampuan Bahasa Pemahaman (Reseptif)
1.     Identifikasi ruangan
2.     Identifikasi emosi
3.     Identifikasi tempat
4.     Mengikuti instruksi dua tahap
5.     Memberikan dua benda
6.     Mengambil benda yang tidak terlihat
7.     Identifikasi atribut
8.     Identifikasi pekerja di lingkungan
9.     Berpura-pura
10.  Identifikasi kategori
11.  Identifikasi kata ganti
12.  Mengikuti instruksi dengan preposisi
13.  Identifikasi benda terlihat bila dideskripsikan orang lain
14.  Meletakkan kartu sesuai urutan
15.  Identifikasi gender
16.  Identifikasi aspek yang hilang/tidak ada
17.  Menjawab pertanyaan mengenai benda dan gambar
18.  Menjawab ya/tidak atas pertanyaan mengenai benda dan gambar
19.  Menyebut benda sesuai sentuhan
D.   Kemampuan Bahasa Pengungkapan (Ekspresif)
1.     Imitasi frase yang terdiri atas 2 dan 3 kata
2.     Meminta benda yang diinginkan dalam bentuk kalimat, sebagai respon atas pertanyaan "Mau apa?"
3.     Secara spontan meminta benda yang diinginkan dalam bentuk kalimat
4.     Memanggil orang tua dari jauh
5.     Menyebut (melabel) benda sesuai fungsi
6.      Melabelfungsi benda
7.     Melabel dan menunjuk anggota badan sesuai fungsi
8.     Melabel fungsi anggota badan
9.     Melabel tempat
10.  Melabel emosi
11.  Melabel kategori
12.  Menggunakan kalimat sederhana,
a.     Ini adalah ....
b.     Saya melihat
c.      Saya punya ....
13.  Membalas/memberikan informasi
a.     Saya punya
b.     Saya melihat
c.      Informasi sosial
14.  Mengatakan "saya tidak tabu" saat diminta melabel benda yang tidak is ketahui
15.  Bertanya "Apa itu?" dan dimana...?
16.  Melabel preposisi
17.  Melabel kata ganti
18.  Menjawab pertanyaan pengetahuan umum
19.  Melabel gender
20.  Menjabarkan gambar dalam kalimat
21.  Menjabarkan benda yang terlihat menggunakan atribut
22.  Mengingat kejadian yang baru saja terjadi
23.  Menjawab pertanyaan "dimana ...?"
24.  Menyebutkan berbagai benda yang ada dalam satu ruangan tertentu
25.  Melabel fungsi ruangan
26.  Melabel fungsi pekerja di lingkungan
27.  Menjawab pertanyaan "Kapan ... ?"
28.  Menjabarkan serangkaian gambar
29.  Menyampaikan pesan
30.  Bermain pura-pura menggunakan boneka
31.  Menawarkan bantuan
E.    Kemampuan Pre-Akademik
1.     Memasangkan benda berdasarkan kategori
2.     Memberikan benda sesuai jumlah yang diminta
3.     Memasangkan angka dengan jumlah
4.     Memasangkan huruf besar dengan huruf kecil
5.     Memasangkan kata yang sama
6.     Identifikasi lebih banyak dan lebih sedikit
7.     Mengurutkan angka/abjad
8.     Melengkapi kertas kerja sederhana
9.     Menyalin huruf dan angka
10.  Identifikasi tulisan namanya
11.  Membuat gambar sederhana
12.  Menulis namanya
13.  Menempel
14.  Menggunting
15.  Mewarna sesuai batas
F.    Kemampuan Bina Diri
1.     Memakai celana
2.     Memakai baju
3.     Memakai jaket
4.     Memakai sepatu
5.     Memakai kaus kaki
6.     Mencuci tangan
7.     Sudah bisa buang air besar di toilet
8.     Menyatakan bila ingin ke kamar mandi/toilet

III.         PEDOMAN KURIKULUM LANJUT
A.   Kemampuan Mengikuti Tugas
1.     Kontak mata saat bercakap-cakap
2.     Kontak mata sepanjang instruksi dalam kelompok
B.    Kemampuan Imitasi (Meniru)
1.     Imitasi rangkaian perilaku rumit
2.     Imitasi permainan teman sebaya
3.     Imitasi respon verbal teman sebaya

C.   Kemampuan Bahasa Pemahaman (Reseptif)
1.     Mengikuti instruksi 3 tahap
2.     Mengikuti instruksi rumit yang disampaikan dari jarak jauh
3.     Menyebut nama orang, tempat, atau benda saat dideskripsikan
4.     Menyebutkan nama benda bila hanya sebagian yang terlihat
5.     Identifikasi aspek yang sama
6.     Identifikasi aspek yang tidak sama
7.     Identifikasi apa yang tidak termasuk dalam sate kelompok berdasarkan atribut atau kategori tertentu
8.     Identifikasi jamak versus tunggal
9.     Menjawab pertanyaan mengenai sebuah cerita
10.  Menjawab pertanyaan mengenai sebuah topik
11.  Mengikuti instruksi "tanyakan . .. " versus "ceritakan..."
12.  Menemukan benda yang tersembunyi
13.  Membedakan kapan bertanya dan kapan memberikan informasi
D.   Kemampuan Bahasa Pengungkapan (Ekspresif)
1.     Mengatakan "saga tidak tabu" terhadap pertanyaan yang tidak dipahami
2.     Melabel kategori di mana sesuatu berasal
3.     Menyebutkan berbagai hal yang termasuk kategori tertentu
4.     Menceritakan kembali sebuah cerita
5.     Mendeskripsikan benda yangtidak ia lihat, menggunakan atribut
6.     Mengingat kejadian-kejadian lalu
7.     Mendeskripsikan topik
8.     Menceritakan ceritanya sendiri
9.     Mengekspresikan kebingungan dan meminta klarifikasi
10.  Melabel kata ganti kepunyaan lanjut
11.  Menggunakan tata bahasa sesuai keperluan
12.  Mengajukan pertanyaan dan mengulang informasi
13.  Mendengarkan percakapan dan menjawab pertanyaan mengenai percakapan tersebut
14.  Menyatakan apa yang ia ketahui
15.  Menjawab pertanyaan mengenai pengetahuan umum (lanjut)
16.  Menjabarkan bagaimana mengerjakan sesuatu
17.  Menjabarkan persamaan dan perbedaan antar beberapa benda
18.  Menjawab pertanyaan "yang mana...?"
19.  Mengajukan pertanyaan bila diberikan informasi yang tidak jelas
E.    Kemampuan Bahasa Abstrak
1.     Menjawab pertanyaan "kenapa ... ?"
2.     Menjawab pertanyaan "bila ... ?"
3.     Menyelesaikan kalimat tak lengkap dengan logis
4.     Menjabarkan ketidak-beresan dalam gambar
5.     Menjawab ya/tidak untuk informasi faktual
6.     Meramalkan akibat
7.     Menempatkan diri pada sudut pandang orang lain
8.     Memberikan penjelasan
9.     Memisahkan sesuatu berdasarkan atribut dan kategori
10.  Identifikasi topik utama dalam cerita dan percakapan
F.    Kemampuan Pre-Akademik
1.     Memberikan definisi atas orang, tempat dan benda
2.     Melengkapi pola tertentu
3.     Memasangkan tulisan kata ke benda, dan sebaliknya
4.     Membaca kata-kata yang wring dijumpainya
5.     Melafalkan bunyi huruf
6.     Menyebutkan kata yang diawali bunyi tertentu
7.     Menyebutkan kata-kata dengan konsonan tertentu di awal, tengah dan akhi
8.      Mengeja kata-kata sederhana
9.     Menyebutkan makna kata tertentu
10.  Identifikasi persamaan kata sederhana
11.  Identifikasi hubungan waktu
12.  Identifikasi angka ordinal (urutan pertama, kedua, keempat dsb)
13.  Identifikasi kata-kata berbunyi sama
14.  Menuliskan kata sederhana sesuai ingatan (=dikte)
15.  Melakukan penjumlahan sederhana sate angka
G.   Keterampilan Sosial
1.     Imitasi perilaku teman sebaya
2.     Mengikuti instruksi yang diberikan teman sebaya
3.     Menjawab pertanyaan dari teman sebaya
4.     Berespon terhadap ajakan benilain dari teman sebaya
5.     Bermain permainan tertentu bersama teman (mengikuti aturan permainan, seperti ular naga, halma dsb)
6.     Mengaiak teman bermain
7.     Membalas informasi dari teman
8.     Memberikan komentar kepada teman sepanjang permainan
9.     Meminta bantuan kepada teman
10.  Menawarkan bantuan kepada teman
H.   Kesiapan Sekolah
1.     Menunggu giliran
2.     Mainpu melakukan respon bare melalui observasi terhadap perilaku orang lain
3.     Mengikuti instruksi dalam kelompok
4.     Membalas informasi sosial dalam kelompok
5.     Menyanyikan lagu anak-anak dalam kelompok
6.     Menjawab saat dipanggil
7.     Mengangkat Langan saat akan menjawab pertanyaan
8.     Mendengarkan cerita dan menjawab pertanyaan sesuai cerita tersebut
9.     Memperlihatkan sesuatu dan menceritakan hal tersebut
I.     Kemampuan Bina Diri
1.     Menggosok gigi
2.     Menutup dan membuka kancing tarik
3.     Menutup dan membuka kancing
4.     Menutup dan membuka kancing cepret dan atau kancing kait



Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar