Unsur Terbaru di Tabel Periodik


Unsur terbaru akan memperpanjang tabel periodik unsur. Unsur tersebut rencananya akan diberi nama "copernicium" sebagai penghargaan kepada astronom Nicolaus Copernicus. 

Copernicus, yang hidup dari 1473 sampai 1543, menemukan kalau Bumi mengorbit Matahari, dan bukan sebaliknya. “Temuan ini menata dasar cara pandang modern manusia terhadap alam semestanya,” kata Sigurd Hofmann, ketua tim penemu unsur itu di GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research, Jerman.


Copernicium atau 'Cp' dengan nomor atom 112 ditemukan setelah tim ilmuwan GSI membombardir ion-ion zinc (seng) ke arah timah dalam akselerator partikel. Karena unsur baru itu meluruh tidak sampai sedetik kemudian, keberadaannya cuma bisa dibuktikan dengan metode analisis yang ekstrem cepat dan sensitif.

Unsur kimia bernomor 112 tersebut telah dimasukkan dalam tabel periodik secara resmi oleh The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). 

Termasuk Copernicium, GSI telah menyumbang temuan enam unsur kimia baru sejak 1981. Unsur-unsur itu mulai dari yang bernomor atom 107. 




Artikel Terkait:

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai tabel periodik, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5424/1/Jurnal.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus